Tentang Kami

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) adalah lembaga riset independen dan otonom yang berdiri pada Agustus 1995 di Jakarta. Aktivitas INDEF diantaranya melakukan riset dan kajian kebijakan publik, utamanya dalam bidang ekonomi dan keuangan. Kajian INDEF diharapkan menciptakan debat kebijakan, meningkatkan partisipasi dan kepekaan publik pada proses pembuatan kebijakan publik. INDEF turut berkontribusi mencari solusi terbaik dari permasalahan ekonomi dan sosial di Indonesia.

Visi

INDEF bertekad untuk menjadi lembaga penelitian terkemuka di bidang ekonomi dan keuangan yang menyediakan analisis yang akurat dan obyektif, dan informasi tentang berbagai isu pembangunan untuk menciptakan iklim usaha yang lebih sehat.

Misi

Melakukan penelitian dan studi kebijakan tentang berbagai aspek masalah ekonomi dan keuangan untuk tujuan menghasilkan debat publik, menciptakan proses pengambilan keputusan yang lebih baik dan meningkatkan kinerja implementasi kebijakan publik.

Aktivitas

Penelitian

Berbagai penelitian kebijakan ekonomi dan keuangan, baik dalam bentuk kerjasama dengan lembaga lain maupun penelitian mandiri

Wacana Publik

Aktif terlibat dalam diskursus kebijakan publik di berbagai media massa melalui artikel, opini/wawancara, talkshow, press conference, social media dan berbagai sarana komunikasi lainnya

Publikasi

Hasil-hasil analisis kebijakan dalam berbagai format dan beragam kegiatan dengan harapan dapat memberi pencerahan kepada masyarakat secara luas.

Pelatihan

Menyelenggarakan berbagai bentuk pelatihan analisis kebijakan publik, baik untuk mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat, wartawan media massa, dan umum.

Kerja Sama

Bea Cukai
men kelautan
menindustry
Ministry of Foreign Affairs
House of Representatives
Ministry of Agriculture
bkpm
Ministry of Transmigration and Forest Clearance
Ministry of Finance
Bappenas
men perdagangan
kementrian trans dan tinggal
FASID
The World Bank
International Labor Organization (ILO)
Bank Indonesia
PT. Bank Mandiri
DPD
Bank Niaga
PT. Bank BNI
PT. Bank BRI
Menko Ekonomi
PERBANAS
Sinarmas
Kadin
HIPMI
Qualcomm
LPS
btn
grab
asian agri
BCA
Nomura
Gaikindo
Jamkrindo
Croplife